Tentang Nilna

Assalaamu'alaikum Saudaraku,

Perkenalkan, nama saya nilna iqbal, pria, kelahiran tahun 1967. Saya diberitahu orangtua, bahwa nama itu diambil dari bahasa arab yang artinya, "kabulkanlah cita-cita kami". Mungkin itu adalah do'a orang tua kami, karena itu saya pun memutuskan untuk terus berubah menjadi Lebih Baik lagi, lebih baik lagi.

Saya senang melakukan berbagai eksperimen dalam menjalani kehidupan, mencari mana yang lebih baik dan mana yang lebih berarti.


Saya juga lebih mencintai kebebasan dalam menjalani kehidupan. Walau kadang sering nyerempet bahaya juga, namun semua yang saya alami, saya anggap adalah proses perjalanan menuju tujuan kesempurnaan diri saya.

Sejak 1989 saya memulai usaha dengan mendirikan Sekolah Menulis MCM Publishing. Saat itu banyak orang bingung, "... emang menulis bisa diajarin?" Saya hanya punya keyakinan bahwa sesungguhnya aktivitas menulis adalah ketrampilan "wajib" yang mestinya dimiliki semua orang, seperti halnya berbicara.

Karena itu sambil beraktivitas di beberapa media di Jakarta, saya terus mengembangkan "sekolah menulis" tsb. Saya terus memperkenalkan dan memprogandakan Konsep Menulis Tanpa Beban (Fun Writing) dalam berbagai kesempatan mengajar baik di Jakarta atau di Bandung. Alhamdulillah saat itu banyak sekali mahasiswa dan pelajar yang ikut bergabung. Sempat saya hitung-hitung alumninya kurang lebih 6000 an orang. Alhamdulillah. Minimal saya sempat ngomporin mereka jadi "penulis".

Selain itu kegiatan saya lainnya adalah berwiraswasta. Saya terus belajar. Walau jatuh bangun berkali-kali :) Nggak kapok-kapok juga.

Terus terang yang saya suka dari aktivitas bisnis sesungguhnya bukan "uangnya", tetapi lebih kepada "proses pembelajarannya".

Banyak hal yang saya peroleh dengan berwirausaha. Saya belajar banyak tentang cash flow, perencanaan bisnis, manajemen, people skill, kepemimpinan, inovasi, kreativitas, delegasi, mentalitas berjuang, kerja cerdas, negosiasi, dll.

Usaha yang saya tekuni kebanyakan memang jasa pendidikan dan pelatihan. Saya mulai dari kursus komputer, lalu upgrade bikin sekolah setara Diploma I/III komputer, lalu bikin sekolah penyiar, dan kemudian corporate training untuk berbagai instansi/perusahaan.

Kini saya pun belajar memanfaatkan internet sebagai alat bisnis. Saya pun belajar dari berbagai "guru online" di dalam dan luar negeri bagaimana membangun bisnis lewat internet. Sangat menantang!

Maka mulailah saya belajar membangun website/blog. Salah satunya blog PustakaNilna.com tempat saya menyimpan koleksi sebagian naskah-naskah saya yang sempat beredar di beberapa penerbitan.

Sayangnya selama ini saya tidak mendokumentasikan penerbitannya dengan baik, sehingga saya tak bisa melengkapi setiap naskahnya dengan nama medianya, apalagi nomor edisi dan bulan terbitnya. Mudah-mudahan saja koleksi ini juga ada manfaatnya buat Anda.

Akhir kata itulah salam perkenalan dari saya. Saya senang dengan kunjungan anda :)