Kendalikan Berat Badan Anda

Apakah Anda termasuk orang yang selalu memikirkan berat badan? Sulitkah Anda mempertahankan berat badan normal?

Dua ribu lima ratus tahun yang silam Hippocrates –bapak Ilmu Kedokteran- menyatakan, orang-orang gemuk umumnya meninggal mendadak. Sinyalemen ini sampai kini masih diterima.

Tentu saja tidak mutlak, tapi kematian mendadak memang sering terjadi pada orang gemuk, terutama sekali pada orang malas dan yang terus-menerus bertambah berat badannya. Dengan kata lain, makin panjang lilit pinggang Anda, makin pendek usia Anda! He he …

Pada remaja belasan tahun, jika mereka sehat dan aktif, berat badan mereka sesuai dengan tinggi dan umur. Mengapa bila mereka tua jadi berubah? Biasanya karena mereka tidak lagi segiat waktu mereka masih muda.

Mungkin Anda pernah memperhatikan para atlit yang meninggalkan profesinya sebelum mencapai usia tiga puluh tahun. Mereka merasa terlalu tua untuk terus berolah raga. Perubahan sering terjadi pada akhir usia dua puluh tahun, tatkala kesesuaian tubuh mulai berkurang. Kebiasaan malas mulai menjalar bila seseorang hilang kecakapannya untuk berlari, berenang, atau kegiatan lain yang menyehatkan.

Meskipun sudah diperingatkan alam, mereka tidak henti-hentinya makan seenaknya, menambah berat badan, dan akhirnya kehilangan berat badan ideal. Sungguh sayang bila seseorang menukar badannya yang tampan di masa muda dengan perawakan buncit dan tak menarik tatkala sudah tua.

Bahaya Kelebihan Berat
Mungkin Anda bertanya, “Bukankah orang gemuk itu kelihatan gembira dan peramah?” Ya, mungkin itu benar. Biasanya mereka gembira dan mudah bergaul, tetapi mereka masih kelebihan berat badan. Banyak faktor yang menyebabkan mereka “over weight”, terutama karena makan lebih dari kebutuhan.

Mengherankan sekali bila kita memikirkan perubahan yang akan terjadi pada perawakan kita yang tampan dan muda hanya karena makan sedikit kalori tambahan tiap hari, lebih dari yang kita perlukan. Sebagai contoh, jika Anda hanya makan sepotong roti ekstra sehari lebih dari yang Anda perlukan, dan terus-menerus berbuat demikian selama lima tahun, Anda akan menambahkan kira-kira 20 kg pada berat badan Anda, dan dalam sepuluh tahun kira-kira 40 kg.

Semua lemak tambahan ini memberi beban pada jantung, ginjal, hati, dan persendian yang memikul berat badan, seperti panggul, lutut dan mata kaki. Ini berarti badan lebih cepat rusak karena menanggung semua berat tambahan ini. Kalori yang berlebih itu dapat menyebabkan kematian. Anda sendirilah yang sedang memperpendek hidup Anda di meja makan!

Berat Ideal
Berapakah berat ideal itu? Ini tergantung pada tinggi badan, jenis kelamin, umur, dan juga perawakan. Ada ukuran yang berbeda-beda untuk pria dan wanita, dan untuk orang-orang yang berbadan besar, sedang, atupun kecil.

Orang bertulang dan berotot besar biasanya lebih berat dibandingkan dengan yang berperawakan kecil. Tetapi orang yang lebih ringan boleh jadi membawa lebih banyak lemak. Otot-ototnya mungkin lemah dan kurang berkembang tapi menyimpan lemak. Sebab itu kita harus mengambil perkiraan dengan teliti dan membandingkan berat sendiri dengan ukuran dan perawakan.

Mengapa Gemuk?
Andaikan berat badan Anda kelebihan kira-kira 14 kg, apa yang harus Anda lakukan? Anda tahu, ini sudah lebih dari yang Anda tanggung, dan Anda harus berbuat sesuatu untuk itu. Tapi bagaimana?

Pertama, cobalah selidiki mengapa berat badan Anda kelebihan. Jangan terkejut bila ada orang kelebihan berat karena mengalami kesusahan dan frustasi. Boleh jadi mereka diabaikan saudara-saudaranya. Untuk menghibur perasaan sakit hati, mereka makan sedikit demi sedikit diantara waktu senggangnya. Malahan ada pula yang bangun untuk jajan, sementara saudaranya yang lain tidur. Makan sedikit-sedikit seperti ini bila diteruskan akan menambah berat badan dengan cepat.

“Saya tidak makan sebanyak saudara perempuan saya”, kata seseorang. “Tetapi lihatlah ia amat kurus”. Mungkin ini benar, namun kebutuhan tiap orang berbeda, bergantung kalori yang mereka bakar. Jika seseorang kelebihan berat, ia akan terus menambah kalori melebihi kebutuhannya. Sebagai imbangannya manusia membuang kalori ekstra itu dan ditumpuknya sebagai lemak. Alangkah mudahnya kita menambah berat badan, tapi demikian sulit mengembalikannya.

Berapa banyak kalori yang Anda perlukan setiap hari? Hal ini tergantung pada banyak hal, seperti jenis pekerjaan, umur, perawakan, dan jenis kelamin. Seorang tukang kayu yang bekerja keras mungkin memerlukan 5.000 kalori sehari. Untuk bekerja terus ia harus makan secukupnya. Sebaliknya, majikannya yang duduk di kantor sepanjang hari mungkin hanya memerlukan 2.200 kalori sehari. Isterinya, yang sibuk dengan urusan rumah tangga sepanjang hari, mungkin memerlukan 2.500 kalori. Tetapi seorang sekretaris kantor mungkin cukup dengan 1.800 kalori sehari.

Pada usia 25 tahun biasanya kita membakar semua kalori tanpa kesulitan. Namun pada usia 35 tahun situasi akan berubah. Kini kita berubah menjadi kurang aktif. Kita sering duduk-duduk dan mungkin memakai alat-alat penghemat. Kondisi ini mengharuskan kita mengatur porsi makanan sesuai dengan pekerjan yang kita lakukan, dan bukannya melihat pekerjaan orang lain.

Masih adakah hal-hal lain yang mempengaruhi berat badan seseorang? Bisa jadi seseorang bertambah berat karena banyaknya air yang terkumpul pada jaringan-jaringan di bawah kulit. Umpamanya, dekompensasi jantung mungkin menyebabkan pembengkakan di tungkai atau bagian tubuh yang lain. Demikian juga halnya dengan penderita ginjal. Penderita penyakit seperti ini harus menghindarkan pemakaian garam secara berlebihan, tapi ini bukan penyebab kelebihan berat. Makan yang berlebihanlah yang pasti menjadi penyebab yang sebenarnya.

Walaupun demikian, perhatikanlah saran ini jika Anda kelebihan berat. Jantung dan ginjal Anda mungkin menjadi lemah pada saat mendatang karena dipaksa bekerja lebih berat dengan menanggung semua lemak tambahan selama dua puluh tahun atau lebih, sehingga “over weight” mendatangkan bahaya.

Menurunkan Berat Badan
Makan berpantang bukanlah hal baru, karena toh masih banyak yang kelebihan berat. Mereka sudah beberapa kali mencobanya. Ada yang menjadi gusar mendengar ejekan sahabat-sahabat mereka hingga mereka tidak mau makan sama sekali selama waktu tertentu. Tapi hal itu hanya berlangsung sebentar.

Untuk menjaga berat badan, beberapa petunjuk berikut ini mungkin berguna bagi Anda:
1. Membatasi makan. Makanlah ala kadarnya. Jangan banyak makan berkalori tinggi dan banyak mengandung lemak, tetapi jangan lupa makan kentang dan biji-bijian yang masih berkulit ari.

2. Berhati-hatilah dengan “sisa makanan”. Banyak ibu menambah berat mereka sebab mereka tidak suka melihat makanan dibuang. Lebih baik mengurangi makanan yang disediakan dan menghindarkan persoalan “sisa makanan”.

3. Hentikanlah makanan diantara waktu makan. Dengan melatih meniadakan makanan yang tidak perlu, lambat laun Anda akan menikmati cara hidup dengan makanan yang dikurangi, dan Anda akan heran melihat betapa sehat perasaan Anda.

4. Gerak badan yang teratur akan menolong pemakaian kalori tambahan itu. Gerak badan yang terbaik ialah berjalan kaki dan menggerak-gerakkan otot tungkai yang akan menolong membakar lebih banyak kalori yang tidak diperlukan.

5. Hidari penganan mewah. Kebiasaan terbaik ialah meninggalkan meja makan sementara Anda masih lapar.

6. Makan teratur. Makanan harus dikurangi sedikit, disediakan baik-baik, dan diatur dengan menarik di meja makan. Tidak ada alasan untuk tidak menikmati makanan meskipun sekarang makanan kurang dari biasanya. Lambat laun Anda akan belajar makan agak kurang dan lebih menikmatinya.

7. Jangan menahan lapar berlama-lama sebagai salah satu jalan mengurangi berat badan.

8. Jangan lupa makan pagi. Hal ini akan menolong Anda dalam pekerjaan sepanjang hari, dan Anda akan terhindar dari godaan makan gula-gula dan jajan diantara waktu makan.

9. Perbanyaklah makan sayuran hijau, tomat, dan wortel. Semuanya mengandung sedikit kalori, tetapi banyak vitamin dan mineral, dan mempunyai nilai makanan yang baik. Makanan seperti ini juga bisa digunakan untuk menghindarkan perasaan lapar diantara waktu makan, jika Anda terpaksa makan sesuatu.

Mengurangi Berat Badan
Barangkali resep ini cukup berat buat Anda, tapi mudah-mudahan akan memberi banyak keuntungan nantinya. Orang yang kelebihan berat badan akan mudah menderita penyakit gawat, seperti tekanan darah tinggi, sesak nafas, tidak dapat tidur, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan gangguan hati. Menurunkan berat badan sungguh memerlukan kemauan keras.

Ada beberapa jenis makanan untuk menghindari kelebihan berat, yaitu:
– Apel segar berukuran sedang, besarnya 75 kalori
– Pisang kecil, 100 kalori
– Wortel sedang, 20 kalori
– Setangkai seledri, 8 kalori
– Jeruk sedang, 70 kalori

Lebih Baik Langsing
Kalau Anda langsing dan normal, kesehatan Anda cukup baik. Barangkali Anda lebih baik tetap dalam keadaan seperti itu, karena orang yang langsing sering lebih panjang usianya, asalkan ia tidak menderita suatu penyakit yang melemahkan tubuh seperti TBC.

Tetapi jika berat badan Anda terlalu rendah, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan tidak ada gangguan yang serius.

Ada dua jenis orang kurus. Jenis yang pertama kekar dan bersemangat, seperti anjing pemburu. Orang seperti ini jarang sakit, dan kuat makan, tapi tidak pernah bertambah berat. Karena giat gerak badan, mereka membakar habis energinya. Kebanyakan mereka ingin menambah sedikit berat badan agar kelihatan lebih tampan. Mereka dapat berbuat demikian, asalkan mereka menambah secukupnya saja.

Jenis kedua tidak kekar dan bersemangat. Mereka kekurangan tenaga dan semangat. Kebanyakan mereka lekas lelah dan sering berpikir tentang kesalahan yang mereka perbuat. Mereka selalu cemburu melihat orang lain makan dengan nikmat, sedang alat pencernaan mereka sendiri sering mengalami kesulitan mencerna makanan yang biasa sekalipun. Makanan yang mewah-mewah biasanya membuat mereka sakit. Karena jarang sekali dapat menghabiskan sajian yang dihidangkan, mereka hanya makan beberapa suap dan merasa sudah kenyang.

Apa yang salah dengan golongan ini? Mereka mungkin mempunyai lambung kecil yang rendah kapasitasnya. Orang seperti itu dapat tertolong dengan sering makan walau sedikit, bisa juga dengan minum sari buah diantara waktu makan.

Semua orang seperti itu harus mengalami pemeriksaan sinar-X pada alat pencernaan mereka untuk menyingkirkan kemungkinan adanya penyakit tersembunyi. Pemeriksaan tinja diadakan untuk menyingkirkan kemungkinan adanya suatu cacing, infeksi amoeba, dan parasit berbahaya lainnya. Pemeriksaan yang seksama untuk melihat banyaknya butir-butir darah merah dan butir-butir darah putih dianjurkan agar dapat memastikan bahwa seseorang tidak sedang mengalami anemia. Air seni harus pula diperiksa dengan teliti guna menyingkirkan kemungkinan adanya infeksi di dalam ginjal atau kandung kemih.

Kecemasan yang disertai kegugupan adalah penyebab lain kurang nafsu makan. Anak yang merasa terbuang mungkin menderita sejenis kecemasan yang kronis, hingga ia kurang nafsu makan. Akibatnya baru mulai kelihatan pada saat kekurangan gizi. Hanya dengan menempatkan dia dalam keadaan sekitar yang lebih menyenangkan biasanya akan memperbaiki nafsu makannya dengan segera.

Di sini sifat mencari-cari kesalahan dan mengeritik tidak akan menolong, malahan hanya akan memperdalam persoalan emosi anak itu. Beberapa tablet multivitamin bisa menolong menambah nafsu makan dan mengembalikan fungsi tubuhnya pada keadaan normal. Jadi waspadalah!

*** Penulis: Nilna Iqbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *