Kajian Islam

Assalaamu’alaikum Wr Wb

Saudaraku,

Bila kita ingin berubah menjadi manusia yang ingin lebih baik lagi, bukan hanya perilaku yang perlu kita ubah. Semua orang mudah untuk mengubah perilaku. Namun akhlaq dan kebiasaan kita belum tentu berubah. Yang perlu kita ubah adalah “pengendali” perilaku-perilaku itu. Itulah dia, iman kita, keyakinan kita, pengetahuan kita.

Saya ambil contoh, bersedeqah misalnya. Saya yakin, setiap orang pasti bisa bersedeqah bila dilakukan secara sengaja. Paling tidak satu atau dua kali. Secara sengaja. Tapi apakah itu sudah jadi akhlaq, sifat dan kebiasaannya? Belum tentu!

Akan tetapi jika cahaya pengetahuan sampai kepada kita, tentang betapa mulianya dan betapa hebatnya dampak bersedeqah itu, lalu sampai menembus batas-batas paradigma dan keyakinan kita, saya yakin kita akan sangat termotivasi dan akan berusaha keras mengubah diri kita untuk menjadikan sedeqah itu sebagai habit baru yang kita lakukan setiap hari dan terus kita tingkatkan kualitasnya seiring pertambahan pengetahuan kita.

Intinya adalah pengetahuan kita tentang paradigma dan cara pandang Islam dalam berbagai persoalan kehidupan.

Buat anda yang ingin mendapatkan artikel-artikel khusus kajian Islam ini, secara periodik per 3 hari, saya akan kirimkan langsung ke email anda. Silakan isi nama dan email anda pada form berikut ini:



Name
Email

Kode Captcha:


Bagi Anda yang terpanggil untuk menyebarluaskan kandungan yang ada dalam ruang tadzkirah ini, silakan Anda “LINK” halaman tadzkirah ini ke blog Anda. Tautkan saja URL halaman ini yaitu http://www.pustakanilna.com/kajian-islam

Terima kasih. Semoga bermanfaat!

Wassalaam
Nilna

2 thoughts on “Kajian Islam”

  1. Allahu Akbar…akhirnya saya dipertemukan kembali di dunia maya dengan Bang Nilna…saya mengenal Bang Nilna (begitu saya memanggil beliau sejak tahun 1987)..saya pertama mengenal dan mengagumi beliau melalui tulisan2 yang menghiasi berbagai media saat itu..termasuk ketika beliau menjabat Pemred Majalah Karisma-Mesjid Salam ITB..saya juga tahu beliau selalu menjadi pemenang berbagai lomba karya tulis bergengsi… OLeh karena itu saya sangat hormat dan berusaha untuk dapat menjadi murid beliau…..Saya juga terus mengamati sepak terjangnya..termasuk ketika belilau mendirikan MCM Publishing tahun 1990-an saya langsung mendaftar menjadi siswanya…waktu terus berlalu..sampai suatu ketika.. saya membaca tulisan beliau di http://www.pembelajar.com …kekaguman, kerinduan dan perasaan bangga pada beliau..Sungguh selayaknya sebagai seorang Muslim bersyukur karena Allah telah menghadirkan sosok seorang Muslim seperti bang Nilna…wah..ga cukup ya..nti dilanjut..trims

    ———————
    Sudah lama sekali ya kita tidak bertemu lagi. Ingin sekali ketemu. Ntar ku japri ya. Salam 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *