Internet Marketing

Apakah Anda uploader atau masih downloder?

Di bawah ini adalah kira-kira gambaran kegiatan seorang pengguna internet yang masih menjadi downloader/user:

internet marketing indonesia

User biasanya menggunakan Internet sebatas mengirim email; browsing mencari informasi; chatting ngobrol sana-sini dengan teman; berdiskusi melalui forum, milis, dll.

Juga men-download musik, video, software, games, eBook untuk kepentingan pribadi atau sekedar hiburan.

Apakah anda tergolong seorang downloader? Apakah di era informasi dan pengetahuan ini anda masih jadi konsumen-informasi?

Mari kita simak 2 fakta berikut ini:

Fakta 1: Bisnis online (eCommerce) dan internet marketing saat ini masih dikuasai oleh negara-negara maju. Sementara negara-negara berkembang seperti Indonesia hanya dijadikan salah satu target market atau pangsa pasar mereka!

Fakta 2: Sebuah bangsa akan lebih maju, jika masyarakatnya sadar bahwa internet sebenarnya bisa dijadikan sebagai ‘alat’ untuk mengembangkan bisnis ke seluruh dunia, bisnis apapun juga.

Ya, saya kira ini benar juga. Sudah waktunya kita mengubah paradigma. Internet telah membuka banyak peluang yang dulunya mustahil kita lakukan. Setiap orang, saat ini bisa memberikan kontribusi. Tak ada yang bisa menghalangi. Seorang guru, dengan mudah bisa mengajar ribuan orang dari seluruh dunia, bila ia mau. Seorang blogger bisa membuat media online yang dibaca jutaan manusia, kalau ia mau.

Pada era inilah seorang “Individu” punya kesempatan banyak untuk berekspresi dan mengaktualisasikan ide-ide dan pengetahuannya menjangkau dunia. Sesuatu yang dulu sangat sulit kita lakukan! Anda harus yakin, kinilah saatnya, Anda tak bisa lagi diremehkan kekuatannya. Entah itu dibidang ekonomi, sosial maupun politik.

Yang perlu kita lakukan adalah kebalikan dari “kerjaan” seorang ‘user’. Dalam berbisnis misalnya, kita bisa gunakan teknologi internet untuk mengembangkan bisnis kita ke penjuru dunia. Kita menggunakan email bukan cuma say hello, tapi lebih pada kegiatan-kegiatan strategis, promosi lewat newsletter misalnya. Kita pun browsing dan searching bukan lagi nyari-nyari teman, tapi melakukan riset pasar, menganalisa kompetitor, membuat perbandingan, cari bahan dan bikin gagasan. Bukan cuma download lagu atau film melainkan upload produk untuk dijual. Banyak sekali yang perlu kita lakukan.

Berikut gambaran kegiatan seorang internet marketer:

internet marketer

Tapi ada juga masalah yang tidak mudah untuk kita tembus begitu saja. Kalau dulu yang selalu jadi masalah adalah kekurangan informasi, kini masalahnya sudah jauh berbeda. Justru sekarang ini informasi itu terlalu banyak! Ternyata, ini juga sebuah masalah.

Betapa tidak, untuk mempelajari satu bidang saja, luar biasa sekali. Banyak banget! Kita bisa kehabisan waktu nggak sempat ngerjain pekerjaan-pekerjaan lain. Atau bisa juga kita terjebak pada kebingungan entah mana yang benar, entah mana yang perlu dan yang tidak perlu kita lakukan.

Akhirnya saya pegang prinsip, “belajarlah dari orang-orang sukses“. Sebuah prinsip yang sangat sederhana. Tapi justru ini yang banyak kita lupakan. Kita sering merasa “bisa sendiri”. Banyak sekali orang yang bangga dengan otodidak.

Menurut saya, di era luber informasi dan pengetahuan ini, sungguh terlalu buang waktu kalau kita pakai cara otodidak ini. Bukankah lebih terjamin hasilnya bila kita ikuti saja orang lain yang sudah sukses melakukannya? Biarlah dia yang berdarah-darah mengalami susah payahnya. Kita tinggal “memetik” buahnya! He he ….

Prinsip saya, pengalaman orang lain lah guru yang terbaik. Ini memang beda dengan prinsip kebanyakan orang, “pengalaman adalah guru yang terbaik”. Coba cek dan renungkan. Apa iya? Mahal sekali resikonya!

Kembali kepada fakta-fakta yang tadi disampaikan Anne Ahira. Menurutnya, fakta di atas bisa kita ubah atau kita seimbangkan. Tentu melalui edukasi kepada masyarakat Indonesia agar mereka mulai menggunakan internet sebagai media bisnis mereka! Ya, kita perlu belajar internet marketing.

Jika ada ribuan, atau bahkan jutaan orang Indonesia yang mampu berpenghasilan ribuan US dollar per bulan dari bisnis online-nya! Bukankah itu sebuah REVOLUSI?” katanya.

Bisakah kita menjadi salah satu bagian diantara mereka? Saya telah memutuskan untuk mulai belajar internet marketing ini. Tidak gratis memang. Saya sadar ini adalah sebuah investasi. Kalau anda mau, ayo kita belajar bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *