• bayi-belajar

    Bagaimana Cara Bayi dan Anak-Anak Belajar?

    Gordon Dryden & Dr. Jeannette Vos dalam bukunya The Learning Revolution, mengungkapkan fakta-fakta yang sangat mengejutkan. Saat ini, katanya, berbagai metoda belajar tengah berkembang pesat di seluruh dunia, sehingga setiap anak akan mampu mempelajari apapun secara lebih cepat –sekitar 5 sampai 20 kali lebih cepat– bahkan 10 sampai 100 kali lebih efektif, pada usia berapapun. Metoda-metoda itu ternyata sederhana, mudah dipelajari, menyenangkan, logis – dan terbukti andal. Inilah beberapa fakta itu. Di Christchurch, Selandia Baru, Michael Tan berhasil lulus ujian matematika tingkat smu pada usia 7 tahun. Dan Stephen Witte, 12 tahun lulus enam ujian beasiswa universitas dan berhasil meraih hadiah fisika dari SMU Papanui, tidak lama setelah diizinkan melompati empat kelas. Di…

  • blom

    Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Penelitian Professor Bloom

    Benyamin s. Bloom, professor pendidikan dari Universitas Chicago, menemukan fakta yang cukup mengejutkan yang patut jadi pertimbangan khusus bagi para praktisi pendidikan anak usia dini dan mereka yang berkecimpung dalam pembelajaran paud : Ternyata 50% dari semua potensi hidup manusia terbentuk ketika kita berada dalam kandungan sampai usia 4 tahun. Lalu 30 % potensi berikutnya terbentuk pada usia 4 – 8 tahun. Ini berarti 80% potensi dasar manusia terbentuk sebagian besar di rumah, sebelum mulai masuk sekolah. Akan seperti apa kemampuannya, nilai-nilai hidupnya, kebiasaannya, kepribadiannya dan sikapnya … 80% tergantung pada hasil pendidikan orang tua nya. Sadar atau tidak. Baik “dibentuk” secara sengaja atau pun tidak sengaja! Artinya, akan jadi…

  • Personality Plus >> Mengenal 4 Sifat Dasar atau Karakter Kepribadian Manusia

    Banyak orang ternyata suka bikin rencana. Lalu besoknya bikin lagi. Besoknya bikin lagi. Tapi nggak ada satu pun yang jadi 🙂   Mengapa bisa begitu? Florence Litteur, penulis buku laris  “Personality Plus” menguraikan, ada 4 sifat dasar atau karakter manusia. Kalau semua sudah dipahami, kita akan sangat terbantu sekali berhubungan dengan berbagai macam karakter atau tipe kepribadian orang lain. Kita jadi mengerti mengapa seorang suami tiba-tiba marah sekali ketika meja kerjanya yang sebelumnya berantakan kita atur menjadi rapi. Kita juga akan mudah memahami mengapa seseorang begitu gampang berjanji… dan hebatnya, dengan mudah pula ia lupa,  “Oh ya, saya lupa” katanya sambil tertawa santai. Kita juga akan mudah mengerti mengapa seorang…

  • Gundahnya Hati Ibrahim: Antara Cinta & Ketaatan

    Ibrahim as dihadapkan pada dua pilihan berat: mengikuti perasaan hatinya dengan menyelamatkan anaknya Ismail as ataukah mentaati perintah Allah swt dengan mengorbankannya. Dialah yang engkau sayangi, buah-hatimu, sumber kebahagiaanmu, yang memberikan alasan kepadamu untuk terus hidup, yang memberikan arti kepada eksistensimu, puteramu itu. Ismail mu itu – seperti seekor domba, robohkanlah dia dan korbankan dia! Wahai Hamba Allah yang patuh! Inilah kehendak Allah untuk engkau lakukan. Inilah yang diminta oleh keyakinanmu. Inilah inti wasiat yang engkau sampaikan, wahai manusia yang bertanggung jawab. Wahai ayah Ismail! Inilah kewajiban yang harus engkau laksanakan! Ibrahim harus memilih. “Cinta” dan “kebenaran” berperang dalam batinnya.Cinta yang merupakan hidupnya, dan kebenaran yang merupakan agamanya. Seandainya yang…

  • paket ebook belajar-membaca

    Belajar Membaca Anak TK dan PAUD Itu Nggak Bisa Instan – Jadi Gimana?

    Tahukah Anda, anak-anak butuh pengulangan tak kurang dari 100 kali untuk benar-benar bisa membaca sebuah kata tanpa berpikir atau mengeja. APA ARTINYA? Anak-anak perlu banyak berlatih membaca buku-buku yang khusus untuk usia mereka agar anak-anak makin LANCAR MEMBACA BAGAIMANA CARA BERLATIH? Berikan bahan ajar yang asyik untuk dimainkan, karena bermain tetap lebih ampuh untuk membuat anak mau berlatih. Nah … inilah solusinya !!! Kami sediakan untuk Anda paket lengkap bahan ajar belajar membaca (dalam bentuk CD) BAHAN AJAR APA SAJA YANG AKAN ANDA PEROLEH? Anda akan temukan apa yang Anda cari. Anda tak perlu repot membuat bahan sendiri, atau membeli berkali-kali. Banyak bahan bisa dimainkan, sehingga anak-anak riang dan ketagihan.…

  • Masa Depan Keluarga Kita (bag-2, habis)

    Siklus hidup kita saat ini sedang mengalami akselerasi. Kita tumbuh lebih cepat, meninggalkan rumah lebih segera, dan kawin lebih dini. “Kita memperkecil jarak berbagai peristiwa itu dan merampungkan periode sebagai orang tua secara lebih cepat,” kata Dr. Bernice Neugarten, seorang spesialis perkembangan keluarga dari Universitas Chicago. Kekuatan yang kelihatan paling besar kemungkinannya akan menggoncangkan keluarga dalam dasawarsa mendatang adalah dampak teknologi kelahiran yang baru. Kemampuan untuk menentukan terlebih dahulu kelamin bayi, bahkan “memprogramkan” IQ-nya, wajahnya, dan ciri kepribadiannya, kini harus dianggap sebagai suatu kemungkinan yang nyata. Penanduran embrio, bayi yang hidup invitro, kemungkinan untuk dengan minum pil saja pasti akan mendapat anak kembar dua atau tiga, atau bahkan kemungkinan untuk…

  • Masa Depan Keluarga Kita (bag – 1)

    “Keluarga telah mati, kecuali pada tahun pertama atau tahun kedua selama mengasuh anak.” (William wolf – psikolog) Para kritikus sosial sedang punya kesempatan baik berspekulasi tentang masa depan keluarga. “Keluarga akan mendekati titik kepunahan total,” kata Ferdinand Lunberg, pengarang The Coming World Transformation. Dulu, ikatan keluarga amat mesra. Kekerabatan pun berlangsung sepanjang usia. Ayah, ibu, kakek dan nenek tiap hari kumpul bersama. Hidup damai, tenteram, tak tergesa-gesa. Itulah ciri peradaban masyarakat pertanian setiap negara. Lalu masuk era industrialisasi, berubahlah suasana. Hubungan manusia dengan tempat pemukiman terancam sirna. Manusia pun mulai menjalani kehidupan serba keras, lapar, berbahaya, dan mengelana. Tapi kendati demikian, fungsi rumah (meski hanya sebuah gubuk) tetaplah jadi tempat…

  • Belajar tentang Awan di Halaman

    oleh: Maya Hari ini, 27 Desember 2008, pagi menjelang siang cuaca begitu cerah. Langit pun terlihat begitu biru. Di halaman samping rumah baru kami yang masih lapang ditumbuhi rumput ilalang, anak-anak asyik bermain rumah-rumahan. Bertiangkan beberapa potongan bambu yang diatapi potongan kayu tripleks bekas, Azkia (6) dan Luqman (4) mengamati awan yang tampak jelas bergerak di angkasa. Memang luar biasa kawasan rumah tinggal kami sekarang ini. Banyak yang bisa kami eksplorasi dan amati, banyak bahan pelajaran faktual yang dihadiahkan alam ciptaan Tuhan ini untuk kami. Ada jangkrik gemuk-gemuk keluar dari liang karena tanahnya tergali, ada bekicot yang menempel di antara ilalang, ada capung dan kupu yang liar beterbangan, ada banyak putri malu yang…

  • Latihan bersikap positif

    Suatu hari saya bilang pada istri saya, yuk kita latihan “always positive”, selalu bersikap positif. Syaratnya harus kita lakukan selama 3 bulan. Kalau ada satu hari aja kita gagal, kita ulang lagi, hitung dari awal. Wah! Luar biasa sulitnya. Soalnya kami harus senantiasa menjaga hati, lisan dan sikap kami seratus persen untuk tidak pernah “negatif” atas apapun yang terlihat, terlintas, terasa … apalagi perbuatan yang sifatnya negatif. Apapun yang terjadi, saya tidak boleh marah, tidak boleh mengeluh, tidak boleh ngasi komentar yang negatif, ataupun sekedar gurauan negatif. Saya kudu musti jaga benar nih lidah jangan sampai “keceplosan”. Wah ini memang lumayan berat untuk orang tipe koleris sanguinis kayak saya. Namun…

  • Sukseskah kita di mata anak-anak?

    Udah lama sekali saya nggak nulis lagi disini. Mampir juga enggak. Belakangan ini saya betul-betul berada dalam “tekanan” pekerjaan yang sebenarnya saya bikin sendiri. He he Syukurlah sekarang, tekanan itu sudah agak berlalu. Rasanya benar-benar “lega” banget. Yang paling senang ya anak-anak. Terkadang, saya merasa bersalah dengan anak-anak. Saya juga tahu, mereka protes ketika orang tuanya sibuk sehingga waktu dan perhatian jadi berkurang untuk mereka. Biasanya ‘kan lalu kita berdalih, “Lha ini kan juga untuk mereka!” Tapi jika kita pertanyakan betul alasan ini, benarkah semua ini untuk mereka? Kalau mau jujur, saya merasa, enggak juga. Sebetulnya, semua kesibukan ini hanya untuk kita. Ego kita. Kesenangan kita. Kita ingin sukses. Tapi…