Apa Visi dan Misi Hidup Anda?

Apa visi misi Anda? Selama ini kita rajin sekali membuat visi dan misi perusahaan atau organisasi tempat kita beraktivitas. Setiap tahun visi misi itu kita evaluasi dan kita pertajam. Intinya kita begitu peduli dengan yang satu ini.

Pertanyaannya, apakah kita sendiri sudah punya visi dan misi? Apakah kita sudah menjawab persoalan paling besar dan paling penting dalam hidup kita, yakni: Apa tujuan kita hidup di dunia ini? Apa missi kita sepanjang karir kehidupan kita di dunia ini? Apa jejak amal yang akan kita banggakan nanti sebagai prestasi hidup kita di hadapan Allah SWT kelak?

Kenyataannya banyak sekali orang hidup dalam keadaan “pasrah” pada takdir. Mengalir begitu saja, terserah nanti akan bagaimana? Biasanya ini tidak kita sadari, karena tekanan-tekanan rutinitas setiap hari yang membuat kita makin berpikir pendek dan spontan. Kita jarang melakukan perenungan, berpikir mendalam, sehingga kita bisa mengambil alih kemudi hidup kita ke arah yang kita cita-citakan.

Saat ini sepertinya kita sedang berada dalam kendaraan yang tengah bergerak kencang yang tak bisa kita hentikan, tak pula bisa kita kendalikan, bahkan untuk belok sekalipun! Yang lebih parah lagi, kita bahkan sudah tak lagi punya kemauan! Semua kita biarkan mengalir begitu saja, lalu tiba-tiba (saat maut menjemput kita) barulah mata batin kita melihat segala sesuatunya sudah berlalu, sudah terlambat!

Agaknya, di awal tahun Hijrah ini, saat libur ini, mari kita tafakkur sejenak, melakukan perenungan mendalam tentang perjalanan hidup kita ini. Mari bersama-sama kita merancang apa visi kita dalam kehidupan dunia ini? Apa pula misi hidup kita? Biarkan ia belum sempurna, karena kita akan terus merevisi (re-visioning) rancangan-hidup kita itu. Bukankah kita sudah begitu pandai merancang business plan perusahaan kita? Mengapa tak kita gunakan kemampuan itu untuk juga merancang life-plan diri kita sendiri?

Akan jauh lebih berpengaruh lagi, jika visi misi kita itu kita tulis besar-besar, dengan tinta yang terang menyala, lalu menempelkannya di dinding-dinding kamar kita, di meja kerja kita, di halaman pertama diary kita, di laptop atau komputer kita, di halaman pertama buku kerja kita, di welcome message HP kita, bahkan kalau perlu terus berbunyi dalam berbagai alarm kita. Waw … itu akan luar biasa dampaknya.

Tubuh ruhani kita (orang sering menyebutnya dengan istilah otak bawah sadar) akan terus mendengarkan komando-komando visi missi kita itu, dan yakinlah kita akan benar-benar bergerak kesana.

Akan lebih baik lagi jika visi – misi itu kita terjemahkan dalam satu kalimat yang singkat, sebuah motto yang menjadi “jargon” hidup kita. Lalu dari situ mulai pula kita rumuskan budaya-hidup kita, akhlak ruhani kita, kebiasaan-kebiasaan kita, prioritas-prioritas hidup kita, sampai bahkan rencana aksi kita tahun ini, bulan ini. Ya persis seperti kita “memperlakukan perusahaan” dengan begitu serius, mengapa tidak kita lebih serius lagi dengan nasib-hidup kita? Gimana menurut Anda?

Allah mengasihi seseorang yang mengetahui darimana ia berasal, dimana ia hidup, dan kemana ia kembali.” (Ali bin Abi Thalib ra)

Selamat tahun baru 1429 H!

*** renungan Nilna Iqbal

6 thoughts on “Apa Visi dan Misi Hidup Anda?”

  1. Cukup susah merancang kehidupan ke depan. Tapi yang penting usaha dulu…. baru pasrah.
    antown.blogspot.som
    usmany.deviantart.com
    ————————
    Memang tidak mudah, tapi harus selalu kita buat skenario. Terima kasih sudah berkunjung. Salam kenal ya 🙂

  2. Sama-sama Pak Nilna
    Selamat Tahun Baru Hijriah 1429 !!!
    Semoga kita menjadi insan yang senantiasa bersyukur atas segala ketentuanNya dan ber Ikhlas hati
    Amiiiien………….
    —————
    InsyaAllah Mas. Semoga hari esok selalu lebih baik dari hari ini ya 🙂

  3. Slamat tahun baru hijriyah,
    Kesalahan terbesar dalam hidup ini adalah kebiasaan untuk selalu memafkan diri sendiri..
    Maka dari itu, jika kita ingin maju lebih dari hari kemarin, ataupun hari-hari sebelumnya
    maka berubahlah dari sekarang untuk itu……
    ———————–
    Betul sekali. Terima kasih sudah berbagi. Salam kenal 🙂

  4. Pada dasarnya semua manusia mempunyai visi dan misi serta nilai yang sama…….

    Visi : Bertemu disurga-Nya dengan Allah,SWT
    Misi : “Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk mengabdi & menyembah kepada-Ku” sehingga hanya sebagai pengadian kepada-Nyalah kita bekerja & melakukan segala aktivitas.
    Nilai yang harus kita jalani adalah mengikuti nilai-nilai asmaul husna yang merupakan sifat Allah yang harus terus dijalankan….Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *