Tentang Nilna

Assalaamu’alaikum Saudaraku,

nilna Nama : Nilnaiqbal
Lahir : Padang tahun 1967
Pendidikan Terakhir : Astronomi ITB
Facebook : My Facebook
Twitter : @nilnaiqbal
Pekerjaan : penulis, editor, trainer dan entrepreneur

Perkenalkan, nama saya nilna iqbal, pria, 46 tahun. Saya diberitahu orangtua, bahwa nama itu diambil dari bahasa arab yang artinya, “kabulkanlah cita-cita kami“. Mungkin itu adalah do’a orang tua kami, karena itu saya pun memutuskan untuk terus berubah menjadi Lebih Baik lagi, lebih baik lagi.

Saya senang melakukan berbagai eksperimen dalam menjalani kehidupan, mencari mana yang lebih baik dan mana yang lebih berarti.

Saya juga lebih mencintai kebebasan dalam menjalani kehidupan. Walau kadang sering nyerempet bahaya juga, namun semua yang saya alami, saya anggap adalah proses perjalanan menuju tujuan kesempurnaan diri saya.

Sejak 1989 saya memulai usaha dengan mendirikan Sekolah Menulis MCM Publishing. Saat itu banyak orang bingung, “… emang menulis bisa diajarin?” Saya hanya punya keyakinan bahwa sesungguhnya aktivitas menulis adalah ketrampilan “wajib” yang mestinya dimiliki semua orang, seperti halnya berbicara.

Karena itu sambil beraktivitas di beberapa media di Jakarta, saya terus mengembangkan “sekolah menulis” tsb. Saya terus memperkenalkan dan memprogandakan Konsep Menulis Tanpa Beban (Fun Writing) dalam berbagai kesempatan mengajar baik di Jakarta atau di Bandung. Alhamdulillah saat itu banyak sekali mahasiswa dan pelajar yang ikut bergabung. Sempat saya hitung-hitung alumninya kurang lebih 6000 an orang. Alhamdulillah. Minimal saya sempat ngomporin mereka jadi “penulis”.

Selain itu kegiatan saya lainnya adalah berwiraswasta. Saya terus belajar. Walau jatuh bangun berkali-kali 🙂 Nggak kapok-kapok juga.

Terus terang yang saya suka dari aktivitas bisnis sesungguhnya bukan “uangnya”, tetapi lebih kepada “proses pembelajarannya”.

Banyak hal yang saya peroleh dengan berwirausaha. Saya belajar banyak tentang cash flow, perencanaan bisnis, manajemen, people skill, kepemimpinan, inovasi, kreativitas, delegasi, mentalitas berjuang, kerja cerdas, negosiasi, dll.

Usaha yang saya tekuni kebanyakan memang jasa pendidikan dan pelatihan. Saya mulai dari kursus komputer, lalu upgrade bikin sekolah setara Diploma I/III komputer, lalu bikin sekolah penyiar, dan kemudian corporate training untuk berbagai instansi/perusahaan.

Kini saya pun belajar memanfaatkan internet sebagai alat bisnis. Saya pun belajar dari berbagai “guru online” di dalam dan luar negeri bagaimana membangun bisnis lewat internet. Sangat menantang!

Maka mulailah saya belajar membangun website/blog. Salah satunya blog PustakaNilna.com tempat saya menyimpan koleksi sebagian naskah-naskah saya yang sempat beredar di beberapa penerbitan.

Sayangnya selama ini saya tidak mendokumentasikan penerbitannya dengan baik, sehingga saya tak bisa melengkapi setiap naskahnya dengan nama medianya, apalagi nomor edisi dan bulan terbitnya. Mudah-mudahan saja koleksi ini juga ada manfaatnya buat Anda.

Akhir kata itulah salam perkenalan dari saya. Saya senang dengan kunjungan anda 🙂

Pendapat Anda?

54 Comments

  1. Empat Watak Dasar Manusia - FORTUNA MOTOR YAMAHA
    24 August 2014 @ 4:41 am

    […] penulis: Nilna Iqbal […]

  2. osly rachman
    31 March 2012 @ 5:28 pm

    Alhamdulillah, tulisan2 bung Iqbal ilmiah dan mudah diterima, dakwah semacam ini sangat membuka hati dan pikiran. Terimaksaih

  3. Barny
    17 October 2011 @ 7:25 am

    met siang mas Nilna…
    akhirnya saya bisa melihat foto dan blog mas. selama ini saya hanya bisa membaca dari kiriman beberapa teman yang dicopy dari blog ini.
    tulisan mas banyak sekali membantu dan menambah wacana saya. heibat… tambah maju ya mas… saya tunggu tulisan lainnya. nggak apa2 khan saya punya file khusus tulisan mas nilna. terima kasih buanyak buanget…
    salam sukses selalu
    ——————-
    Terima kasih mas Arie. Oh ya jangan lupa langganan artikel-artikel Pustaka Nilna ya. Klik aja http://www.feedburner.com/fb/a/emailverifySubmit?feedId=1035041&loc=en_US

    +1

  4. Apa Keputusan Paling Penting Dalam Hidup Anda? | artikel motivasi | Artikel Pustaka Nilna | Kumpulan Artikel
    27 September 2011 @ 6:13 am

    […] renungan Nilna Iqbal FB.init("7be0384e48ff5a93c8e21367cf865d73"); Tags: Apa yang paling penting dalam hidup […]

  5. nilna iqbal
    23 September 2011 @ 3:37 pm

    terima kasih sudah berkunjung bu devi. pematerinya jauh lebih baik dari saya bu 🙂

  6. devi nanda
    21 September 2011 @ 9:40 am

    ass,, oh ternyata pak iqbal direktur intermedianya yah..
    senang skali membaca prestasi diBlog ny..
    mudah-mudahan sy dpt ilmunya dr workshop bpk nantinya..
    tp syg dijadwal bpk bkn pemateri..

    success pak?

  7. nilnaalmuna
    18 August 2011 @ 9:20 am

    Wah, om! Namaku juga nilna! Tapi kadang-kadang kalo kenalan ma orang, namaku salah disebut milna, ilna, nilma atau apalah.. haaahh, caapek deee.. Tapi nama nilna menurutku bagus, lho 🙂

  8. Risma
    9 August 2011 @ 1:21 am

    Assalammualaikum wr wb..
    subhanallah, sy senang membaca tulisan bpk.. keahlian menulis+pengalaman/jam terbang yg luar biasa menghasilkan tulisan2 yg inspratif.. jazakumullah.. 🙂
    #
    yg comment di atas bpk aprianto sepertinya sy kenal.. bpk director aprianto.. 🙂

  9. eliyana
    19 June 2011 @ 8:57 pm

    Dulu….aku sudah memperkirakan bahwa suatu saat Mas Al pasti sukses dan terkenal karena ide dan pemikirannya… May God bless you kawan….

  10. julio do Rasario
    20 April 2011 @ 9:37 am

    salam kenal ya Pak Iqbal, apa kabarnya Pak Iqbal….? saya senang bangat bergabung di Programnya Pak Iqbal. semoga sukses selalu dalam aktivitasnya pak Iqbal. salam damai dari saya.

  11. Lafran
    10 April 2011 @ 7:29 am

    Assw…

    Salam kenal, Pak Nilna…

    Saya sangat terinspirasi dengan tulisan-tulisan bapak. Sukses selalu Pak… semoga suatu saat bisa berjumpa, siapa tau bisa bertukar pikiran

    Sukses selalu,

    Lafran

  12. Tofik Siputut
    9 September 2010 @ 11:49 am

    sukses pak buat semuanya 😀

  13. anny
    4 August 2010 @ 6:25 am

    Pak Iqbal apa khabar? saya salah satu mahasiswa STIKMI Bandung yang Pak Iqbal dirikan, pada saat itu saya menerima lembaran goal setting dan selalu saya pelajari dan saya rekam dalam otak, alhamdulilah walau saya cuma lulus DI komputer akuntansi namun saya berhasil jadi akunting di perusahaan asing dan udah jd account officer sampai sekarang, makasih Pak Iqbal atas semua bimbingannya, btw kalau ada perlu sama STIKMI sekarang kampus dan kantornya dimana ya?
    ————-
    wah senang sekali mendengar kesuksesannya. semoga makin berkibar ya 🙂

    oh ya, STIKMI Bandung, saat ini sudah OFF. Beberapa tahun lalu, stikmi bandung “dibeli” oleh seorang pengusaha dari Cimahi. Tapi sayangnya, hanya bertahan beberapa tahun, lalu saya gak dengar lagi beritanya.

    Blog nya bagus Anny. Tulisan-tulisannya sangat inspiratif. Sukses yah!

  14. amrana
    15 March 2010 @ 9:18 pm

    salam kenal mas nilna, saya baca-baca internet bisnisnya ….tertarik juga ..tapi masih ragu-ragu tuk mencoba bagaimana ya…?

  15. hanief
    19 January 2010 @ 11:02 am

    mampir dari Dunia Astronomi 🙂

  16. pajarudin
    6 November 2009 @ 2:18 pm

    terima kasih pak nilna, mudah-mudah saya bergabng selamanya

  17. FERRY BUDI RAHARJO
    26 September 2009 @ 11:18 am

    Alhamdulillah saya bisa kenal sama Pak Nilna. Dari experiment saya mengenal bisnis internet, dan terdamparlah di jaringan Pak Nilna. Saya orang yang masih sangat awam ( boleh dibilang gaptek lah…). Tapi membaca blog dan tulisan dari Bapak banyak membuat energi pikir saya tambah semangat. Makasih . Salam sukses selalu.

  18. Gusnam
    4 August 2009 @ 7:34 am

    Selamat Da Al. atas kegiatan tulis-menulisnya. Walaupun perintah pertama kepada Nabi Muhammad Iqra’ (bacalah). Tapi menurut saya, tidak akan bisa membaca ketika tulisan tidak ada (tulisan tersurat atau tersirat).

  19. wisnurat
    27 February 2009 @ 2:04 am

    Luar biasa tulisannya.
    Banyak memberikan inspirasi.

    Sukses selalu pak.
    Salam kenal.

  20. Mufli
    12 February 2009 @ 5:51 am

    Wah keren pak tulisan Anda di blog cemerlang ini 🙂 semoga tambah sukses ya pak.

    Best Regards
    Mufli

  21. Agusman Rizal
    7 February 2009 @ 5:56 am

    Ma kasih, atas penjelasannya tentang bagaimana menghilangkan hambatan menulis, e-mang betul… menulis …. make it enjoy… aja….. tanpa beban.

  22. Khairuddin Syach
    24 January 2009 @ 9:10 pm

    wah ternyata ini blognya Uda. Saya yakin kegiatan uda super duper sibuk….

    selamat berkarya Uda

  23. jee
    28 September 2008 @ 6:25 pm

    wah, ternyata orang padang juga.
    salam kenal uda nilna 😀

  24. Dian Purbo Nugroho
    4 September 2008 @ 1:09 pm

    Pak Iqbal,
    Saya mohon bimbingan mesin uang “AutoPilot”.
    Bisa tunjukkan dimana penyedia softwarenya?
    Yang ada di Indonesia semuanya udah tangan ke 3 atau lebih.
    Saya ingin yang masih tangan pertama.
    Terima kasih atas bantuannya, semoga Allah SWT mebalas budi baik pak Iqbal.
    Salam

    _______________
    Mas Dian, terima kasih sudah berkunjung ya. Mengenai pertanyaan mas Dian, terus terang saya sendiri kurang tahu provider yang aslinya (tangan pertama). Barangkali bisa mas Dian telusuri lagi ya 🙂
    Trims’

  25. Irfan
    3 September 2008 @ 1:34 am

    Selamat ya Kang. Blognya memberi manfaat bagi banyak orang. Mudah-mudahan jadi amal yang mengalir. Bolehlah tukar link ya Kang…

    Bagi yang kesulitan menulis, inilah pakarnya memecah kesulitan itu. Sudah ribuan orang yang Kang Iqbal keluarkan dari reruntuhan susah menulis. Saya berekomendasi kuat atas beliau.
    Wassalam
    Irfan, http://bangirfan.wordpress.com/

  26. Aprianto
    6 August 2008 @ 10:41 am

    salam kenal dari saya, Aprianto, saya org padang juga..
    Selamat terus berjuang dalam dunia tulis menulis.

    Trims

  27. aLe
    22 July 2008 @ 10:16 am

    wah, profilenya keren abis 😉

  28. salwangga
    2 July 2008 @ 6:59 am

    alhamdulillah, aku berkesempatan mengunjungi blog sebagus ini. bukan sekedar memuji, tapi inilah kenyataan.

    dalam kunjungan perdana ini pula, aku minta ijin untuk memuat link ke dalam blog saya.

    banyak sekali tulisan bisa dipelajari dan menjadi bahan renungan disini.

    salam kenal,
    salwangga

  29. Wuryanano
    13 May 2008 @ 5:36 am

    Selalu senang jika mampir di sini, Mas Nilna.
    Semoga semakin sukses ya.

    Salam Luar Biasa Prima,
    Wuryanano 🙂

    ————————-
    Alhamdulillah. Saya selalu gembira dan senang sekali atas perhatian dan kunjungan Mas. Semoga juga makin sukses ya.

  30. Syarif Ahmad
    16 April 2008 @ 8:01 pm

    Assalamu’alaikum,
    Saya masih ingat bang Nilna waktu abang masih mentor saya di KARISMA Salman. Cuma itu sudah lama sekali (mungkin 20 tahun yang lalu) jadi kalau abang lupa saya maafkan 🙂

    wassalam,
    Syarif Ahmad, Pittsburgh, PA, USA

    ——————-
    Wah udah lama sekali ya. Rasa-rasanya saya masih ingat. Kirim foto keluarganya ke emailku [email protected] ya :)Salam buat keluarga.

  31. Hendra Messa
    16 April 2008 @ 5:50 am

    hebat euy,

    btw, apa kolom iklan nya ada harga nya juga ?
    kita saling link deh blog nya

    salam hangat dari tengah kebun teh

    Hendra Messa

    —————
    Terima kasih udah berkunjung Hen. Link nya udah aku masukkan ya 🙂 Salam

  32. ugie
    14 February 2008 @ 2:13 pm

    Maju terus dengan dunia tulis-menulis. Sukses selalu dan salam….
    —————-
    Terima kasih ya. Salam kenal 🙂

  33. ANDREE
    2 February 2008 @ 1:02 pm

    Pak Nilna yth.,
    Senang membaca tulisan-tulisan Anda. Sungguh memberi pencerahan. Terimakasih.
    salam,
    andree
    ——————–
    Terima kasih sudah berkunjung mas Andree. Salam kenal 🙂

  34. antown
    13 January 2008 @ 10:27 pm

    mantap nih portofolionya….
    jadi pingin nyusul heheh

    antown.blogspot.com
    usmany,deviantart.com

  35. Abuyahya
    12 January 2008 @ 11:35 am

    Ok

    Kapan2 berkunjung ke Cihideung ama keluarga, ya?

    Aq di sana skrg.

  36. Abuyahya
    11 January 2008 @ 6:55 pm

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
    Halo Al
    lama ndak basuo
    (ada berapa belas tahun ya?)
    Kok ketemunya di dunia maya nih?
    Jangan-jangan udah lupa…………………siapa ini, ya?
    —————–
    Mas Purwanto, wah surprise nih 🙂 Bisnis apa sekarang? Ntar aku japri ya..

  37. ms. arie
    9 January 2008 @ 4:52 am

    met siang mas Nilna…
    akhirnya saya bisa melihat foto dan blog mas. selama ini saya hanya bisa membaca dari kiriman beberapa teman yang dicopy dari blog ini.
    tulisan mas banyak sekali membantu dan menambah wacana saya. heibat… tambah maju ya mas… saya tunggu tulisan lainnya. nggak apa2 khan saya punya file khusus tulisan mas nilna. terima kasih buanyak buanget…
    salam sukses selalu
    ——————-
    Terima kasih mas Arie. Oh ya jangan lupa langganan artikel-artikel Pustaka Nilna ya. Klik aja http://www.feedburner.com/fb/a/emailverifySubmit?feedId=1035041&loc=en_US

  38. WURYANANO
    4 January 2008 @ 2:44 am

    Mampir lagi Mas Nilna. Trims sudah ikut meramaikan milist Super Mind Power. Semoga milist ini semakin berkembang dengan kehadiran Mas Nilna.
    Sukses selalu Mas!
    Wuryanano
    ———————
    Wah, surprise lagi. Senang sekali Bapak bersilaturrahmi disini. Milis itu juga banyak memberi inspirasi bagi saya khususnya. Salam luar biasa prima Pak 🙂

  39. WURYANANO
    24 December 2007 @ 12:02 am

    Semoga buku-buku tulisan saya bisa memberikan manfaat buat Mas Nilna.
    Terimakasih telah membacanya.
    Sukses selalu buat Mas Nilna!
    Salam Luar Biasa Prima!
    Wuryanano
    http://wuryanano.com/
    ————————
    Terima kasih Pak Nano. Saya senang sekali. Ketika membacanya, saya merasa sedang menginstall kata-kata positif di alam bawah sadar saya. Sekali lagi terima kasih, Pak.

  40. salman-salsabila
    17 December 2007 @ 9:14 am

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    Wah3x…..saya terkesan dengan prestasi2 mas….
    begitu banyak pengalaman nulisnya.
    boleh tukeran link tidak mas?
    ———————–
    Salam kenal ya. Link nya udah saya tulis di http://pustakaNilna.com

  41. WURYANANO
    6 December 2007 @ 12:21 am

    Pustaka NIlna sudah saya masukkan di Para Sahabat Saya Mas Nilna. Di dalam Blogspot saya di sini: http://wuryanano.com/
    Salam Luar Biasa Prima!
    Wuryanano
    http://wuryanano.com
    ————————
    Terima kasih sekali, Pak. Saya juga join super mind power nya. Saya sangat tertarik dengan ilmunya Bapak. Bukunya agak susah saya cari di Bandung pak. Boleh pesan? Ntar saya japri via email ya.

  42. WURYANANO
    5 December 2007 @ 12:32 pm

    Apa kabar Mas Nilna? Semakin melejit aja nih…
    Tulisannya bagus-bagus.

    Salam,
    Wuryanano
    http://wuryanano.wordpress.com/

  43. mulut
    13 November 2007 @ 1:55 pm

    welgedewelbeh
    salam kenal pak …… ayo bareng-bareng membangun dan berkarya … kunjungi blog-ku ya
    ———————-
    makasih udah mampir disini. Blog nya udah aku kunjungi. Bagus banget. Thanks ya 🙂

  44. yurnaldi
    13 November 2007 @ 10:53 am

    awak indak tahu, apakah Nilna masih ingat dengan awak, hehe…Kebetulan, saya buka gooogle mencari referensi, ternyata di dalam referensi itu ada bloq Nilna, ah, menurut saya pasti teman saya waktu menulis di Padang dulu. Sukses selalu, ya.
    ———————-
    Alhamdulillah, ketemu juga. Sempat aku nyari-nyari dimana “dikau” berada, terutama saat aku ngadain acara pelatihan di Padang. Pengen dengar juga nih kisah-kisah “petualangannya” di berbagai belahan dunia. Masih di KOMPAS ‘kan?

  45. abahsangpenyamun
    6 November 2007 @ 6:24 am

    wah ternyata dari astronomi juga (walaupun sy astro yang ga astro :D), salam kenal dr juniormu.

    -as’00-

  46. Tina
    28 October 2007 @ 2:02 pm

    Menarik sekali baca blog ini. Bersyukur aku terdampar di sini by accident.. banyak sekali tulisan yang menginspirasi. Keep it all!
    PS: ada kumisnya? sama dunk..:)
    Salam kenal, gruesse aus Ulm, Germany.
    ———————-
    Salam kenal juga. Makasih sudah mampir disini…

  47. STR
    24 October 2007 @ 10:12 pm

    Salam kenal, Mbak Nilna.
    Saya adalah seorang mahasiswa tahun kedua yang sedang mulai belajar menulis di blog. Saya tertarik dengan Konsep Menulis tanpa Beban yang Mbak utarakan di atas. Dimana kira-kira saya bisa temukan penjelasan konsep itu? Maaf, saya tidak bisa lama-lama berkunjung kali ini.

    sign out

    ——————-
    Maaf saya ada kumisnya lho 🙂 Soal konsep menulis tanpa beban, menurut saya sekarang ini sudah banyak tersebar di berbagai buku tentang penulisan, walau namanya mungkin tidak persis sama. Saya sudah kunjungi blog Anda, bagus banget.

  48. Sigis
    23 October 2007 @ 4:48 am

    Salam ukhuwah…
    ———————–
    Wa’alaikum salam … wr wb

  49. sanggardewa
    4 October 2007 @ 7:24 pm

    salam kenal…

    ————-
    terima kasih sudah mampir. salam kenal 🙂

  50. heru ss
    2 October 2007 @ 4:01 am

    salam kenal nan hangat. senang melihat pribadi suskes kayak antum.
    sukses berkah selalu. wass/ hrs
    http://www.iq-sukses.net

  51. Musadiq Marhaban
    29 September 2007 @ 5:34 pm

    Ini kunjungan balasan. Salam kenal.
    Wah prestasinya membanggakan sekali.
    Sukses selalu. 🙂

    —————
    Alhamdulilah. makasih ya mas

  52. Wuryanano
    3 August 2007 @ 9:05 am

    Salam…
    Thanks sudah berkunjung ke Blog saya. Wah, Anda orang hebat ya, luar biasa prima. Senang kenalan dengan Mas Nilna.

    Sukses selalu,
    Wuryanano

  53. Catila Winarno
    1 August 2007 @ 5:31 am

    Hi Nilna…
    Sukses terus yah…buat tulis-menulisnya 🙂
    Salam, catila

  54. eko y e
    31 July 2007 @ 2:59 am

    eh, rasanya pernah baca nama ini di padang, tapi aku lupa lagi nih

Leave a Reply

error: Content is protected !!